Yayasan MBM Selenggarakan Workshop di Desa Sepang

Operator: I Gede Prawira Santosa 05 Oktober 2018 10:21:11 WITA

Maha Bhoga Marga Foundation adalah sebuah yayasan yang telah bekerjasama cukup lama dengan Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui program Penguatan Perempuan dan Keluarga Miskin Untuk Berpartisipasi dalam Pembangunan Desa.

Salah satu desa di wilayah Kabupaten Buleleng yang telah bekerjasama dengan Yayasan MBM adalah Desa Sepang. Desa yang berada dikawasan Kecamatan Busungbiu ini terletak di daerah dataran tinggi yang berjarak 69 kilometer dari pusat Kota Singaraja. Desa yang mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai petani dengan potensi hasil perkebunan yang melimpah. Dari beberapa hasil perkebunan tersebut, didominasi oleh tanaman kopi yang menjadi hasil unggulan di Desa Sepang. Selain kopi, tanaman lain seperti kakao dan cengkeh juga merupakan salah satu hasil utama dari perkebunan yang membentang luas di desa ini.

Disamping perkebunan, potensi peternakan di Desa Sepang juga tidak kalah menggeliat. Adalah peternakan kambing yang menjadi primadona. Pakan yang melimpah serta kemampuan olah hasil yang mumpuni mendorong peternakan kambing mampu bersaing dengan daerah-daerah lain. Apalagi, keberadaan peternakan kambing disini sudah dikenal di berbagai daerah, berbagai olahan berbahan dasar susu kambing pun telah mampu mengangkat perekonomian warga.

Memanfaatkan potensi alam yang dimiliki Desa Sepang tentunya menjadi salah satu kerjasama yang dilakukan selama ini, MBM pun turut hadir memberikan pendampingan guna memfasilitasi berbagai pelatihan.

Selama delapan tahun belakangan, berbagai pendampingan lainnya juga telah dilakukan baik dari bidang sosial budaya, ekonomi, lingkungan hidup hingga tata kelola pemerintahan. Sehingga melalui kerjasama ini, Desa Sepang telah mengalami beberapa kemajuan tentunya dengan kerja keras berbagai pihak.

Dalam rangka ucapan syukur atas terjalinnya kerjasama yang baik selama ini, serta untuk merumuskan beberapa langkah kedepan, Yayasan Maha Bhoga Marga menyelenggarakan Workshop dengan tema “Integrasi Desa, Kabupaten, dan MBM untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat secara Partisipatif” yang dilaksanakan pada Jumat (5/10) bertempat di Gedung Serba Guna Desa Sepang. Acara ini sendiri dirangkai dengan Diskusi Panel antara Pemerintah Desa Sepang dengan Instansi Kabupaten (Dinas PMD dan Bappeda), pelatihan HIV & AIDS, dan Pelatihan kesehatan Hewan serta Bank Sampah yang telah dikelola oleh anggota kelompok.

Dalam acara tersebut menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya Kepala Dinas PMD Kabupaten Buleleng, Kepala Dinas Bappeda Kabupaten Buleleng, Perbekel Desa Sepang, Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Busungbiu dan Yayasan MBM. Adapun pesertanya sendiri terdiri dari pengurus anggota kelompok dampingan dan tokoh masyarakat di Desa Sepang, Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Buleleng, Pendamping Desa (PD) Kecamatan Busungbiu dan Pendamping Lokal Desa (PLD).

Selain diskusi dan pelatihan, juga dilaksanakannya publish website Desa Sepang. Website ini merupakan media pemberitaan oline resmi Desa Sepang berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution.

Dari acara tersebut diharapkan potensi desa yang dimiliki dapat dikenal secara lebih luas salah satunya melalui optimalisasi website desa. Selain itu, agar perempuan dan warga miskin mendapatkan akses ke layanan publik dasar serta untuk menguatkan jejaring kerja Pemerintah Desa dan lembaga-lembaga terkait, diantaranya Pemkab Buleleng, MBM dan Pers juga menjadi tujuan utamanya.

Komentar atas Yayasan MBM Selenggarakan Workshop di Desa Sepang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar