Malam Terakhir Karya di Pura Puseh Bale Agung Desa Pakraman Sepang, Pemedek Diprediksi Membludak

Operator: I Gede Prawira Santosa 26 September 2018 19:56:29 WITA

Karya Ngambe Ulap Ngenteg Linggih Pura Puseh Bale Agung Desa Pakraman Sepang berlangsung selama tiga hari yang telah dimulai tanggal 24 September 2018 yang bertepatan dengan Purnama Sasih Kapat Tahun Caka 1940.

Pada malam terakhir karya (26/09) biasanya antusias para pemedek akan cenderung meningkat. Hal tersebut terjadi setiap tahunnya dimana pemedek bersama sanak keluarganya dari seluruh penjuru Desa Pakraman Sepang berbondong-bondong menghaturkan sembah baktinya kehadapan Ida Bhatara Puseh. Tak jarang mereka yang selama ini ada di rantauan akan menyempatkan diri hadir melakukan pemuspaan. 

Antisipasi membludaknya pemedek ini telah dilakukan oleh panitia karya yang dalam hal ini menerjunkan Pencalang Desa Pakraman Sepang yang dibantu Bhabinkamtibmas Desa Sepang sebagai pihak keamanan. Pengaturan lalu lintas, tempat parkir dan giliran persembahyangan akan diatur sedemikian rupa guna memberikan kenyamanan kepada para pemedek. 

Pura Puseh Desa Pakraman Sepang sendiri memiliki krama yang tidak sedikit jumlahnya, penyungkemnya ada dua desa administrasi yang meliputi Desa Sepang dan Desa Sepang Kelod. Adapun salah satu hal menarik yang tersaji dalam setiap karya adalah dikumandangkannya sesolahan Gong Raja Due yang menjadi ikon dari Desa Pakraman Sepang. Gong ini telah ada sejak dahulu kala dan telah dinikmati aura mistisnya dari generasi ke generasi krama Desa Pakraman Sepang.

Komentar atas Malam Terakhir Karya di Pura Puseh Bale Agung Desa Pakraman Sepang, Pemedek Diprediksi Membludak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar