Musrenbang Desa Sepang, Tetapkan 5 Usulan di 3 Bidang

Operator: I Gede Prawira Santosa 23 September 2018 19:22:56 WITA

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) tahun anggaran yang direncanakan.

Musrenbang Desa Sepang dilaksanakan Jumat (21/09) bertempat di ruang rapat Kantor Perbekel Sepang yang dihadiri oleh beberapa unsur diantaranya Camat Busungbiu bersama Kasi Pembangunan, Pendamping Desa, Perbekel bersama Perangkat Desa, BPD, LPM, serta tokoh adat dan tokoh masyarakat Desa Sepang.

Dalam kesempatan itu Camat Busungbiu Drs. Made Supartawan, M.M mengapresiasi proses yang telah dilaksanakan oleh Desa Sepang dalam Musrenbangdes, ia optimis sesuatu yang direncanakan dengan baik tidak akan pernah sia-sia. Akan tetapi pihaknya mengkritisi mengenai jumlah yang diusulkan dalam kegiatan Supra Desa ini terlalu banyak. Menurutnya akan lebih baik jika usulan tersebut lebih sedikit namun optimal sehingga dapat didanai lebih cepat oleh instansi yang membidangi.

Hal senada juga diutarakan Kasi Pembangunan Kecamatan Busungbiu, ia menggarisbawahi dari 3 bidang yang meliputi Bidang Pembangunan Fisik, Bidang Ekonomi, dan Bidang Sosial Budaya hanya enam kegiatan yang bisa diusulkan. Ini artinya hanya ada dua usulan pada masing-masing bidangnya. Disamping itu ia memaparkan mengenai fenomena usulan yang beberapa kali diusulkan namun tidak diakomodir bisa saja terjadi, salah satu hal yang mendasarinya adalah terlalu banyaknya usulan yang sama dari masing-masing desa sedangkan biaya yang tersedia pada instansi terkait terbatas. Ia mencontohkan usulan pembangunan drainase yang mana banyak sekali usulan serupa muncul dari masing-masing desa, sehingga nampak terkesan bergilir untuk memperoleh akomodir. 

Akibat banyaknya usulan-usulan tersebut dan pembatasan jumlah usulan yang telah ditemukan, maka perdebatan untuk menentukan usulan prioritas pun tidak dapat terhindarkan. Nampak peserta rapat terlibat perdebatan cukup alot yang terjadi pada dua bidang yakni Bidang Pembangunan Fisik dan Bidang Ekonomi.

Dalam prosesnya Pembangunan Drainase Jalan Pucaksari-Sepang dan Permohonan Pengadaan Lampu Penerangan Jalan dapat disepakati menjadi prioritas usulan pada Bidang Pembangunan Fisik. Sedangkan pada Bidang Ekonomi, adalah usulan mengenai Paket Pelatihan Tani Gapoktan dan Pelatihan Kelompok Pengerajin Anyaman Bambu dan Pengerajin Las yang menjadi prioritas. Adapun pada Bidang Sosial Budaya hanya menempatkan satu usulan yakni Pelatihan Gonng Kebyar PKK Desa Sepang.

Usulan-usulan tersebut nantinya akan diperjuangkan lebih lanjut pada Musrenbangcam oleh tim yang telah dibentuk. Tim ini sendiri diwakili oleh enam orang yang bersumber dari beberapa unsur meliputi Perbekel, Ketua BPD, Ketua LPM, Ketua TP PKK dan dua orang Perangkat Desa. 

Komentar atas Musrenbang Desa Sepang, Tetapkan 5 Usulan di 3 Bidang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar