Penilaian Lomba Subak Tingkat Kabupaten Buleleng pada Subak Abian Gunung Urip Desa Sepang

Operator: I Gede Prawira Santosa 13 September 2018 12:46:56 WITA

Subak Abian Gunung Urip Desa Sepang sebagai salah satu peserta lomba Subak Tingkat Kabupaten Buleleng Tahun 2018 dinilai hari ini Kamis (13/09). Kegiatan penilaian ini dipusatkan di Pura Subak Abian Gunung Urip yang berlokasi di Banjar Sepang, Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu.

Hadir dalam kesempatan ini Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng Drs. Gede Komang, M.Si bersama tim penilai Subak Kabupaten Buleleng, Camat Busungbiu Drs. Made Supartawan, MM bersama staff, Perbekel Desa Sepang bersama perangkat desa, Bendesa Adat Sepang, Ketua BPD Sepang, LPM dan seluruh Krama Subak Abian Gunung Urip Desa Sepang.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng menekankan bahwa lomba Subak ini dimaksudkan untuk lebih memperdalam nilai-nilai luhur yang terkandung dalam kelembagaan Subak. Salah satunya adalah mengenai Tri Hita Karana dimana mencakup Parhyangan, Pawongan dan Palemahan.

Dalam penilaian ini juga ditampilkan simulasi mulai dari penanaman kopi, pemupukan, teknik tempel, stek, dan panen hingga stek pasca panen serta upacara yang dilaksanakan setelah panen yang lebih dikenal dengan istilah “Pengerasakan”.

Selain itu, ditampilkan juga pameran hasil bumi yang menjadi komuditi pada Subak Abian Gunung Urip seperti pisang, umbi-umbian, kelapa, buah-buahan, dan beberapa olahan makanan.

Komentar atas Penilaian Lomba Subak Tingkat Kabupaten Buleleng pada Subak Abian Gunung Urip Desa Sepang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar