P4S Sumber Rejeki Desa Sepang Menjadi Tuan Rumah Pelatihan Budidaya Ternak

Operator: I Gede Prawira Santosa 09 Agustus 2018 20:03:59 WITA

Sebanyak 20 orang peserta dari Desa Sepang, Bongancina, Wanagiri dan Gerokgak mengikuti Pelatihan Budidaya Ternak di Pusat Pelatihan dan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Sumber Rejeki Desa Sepang, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Kamis (09/08) pagi tadi.

Dalam acara pembukaan pelatihan tersebut, Ketua P4S Sumber Rejeki Ir. I Wayan Wardana memaparkan profil P4S Sumber Rejeki serta kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh P4S di bawah komandonya.

Sementara itu Kepala Balai Pelatihan Peternakan Batu Malang dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan penguatan kelembagaan P4S merupakan visi dan msi agen pembaharuan bagi petani muda yang akan meneruskan keberlanjutan pertanian. Sehingga menurutnya, pertanian dapat disenangi oleh generasi muda selaku penerus pembangunan pertanian.

Disamping itu, Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng dalam arahannya menyebutkan bahwa sektor peternakan di Kecamatan Busungbiu merupakan sektor peternakan kambing, sehingga diperlukan  peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Pusat Pelatihan dan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S).

Adapun beberapa kegiatan pelatihan yang dilakukan berkenaan dengan budidaya ternak kambing khususnya pembuatan pakan fermentasi yaitu silase yang disampaikan oleh fasilitator Ni Nyoman Mawini, yang mana bertujuan untuk menyimpan pakan pada saat persediaan pakan melimpah yang dapat digunakan ketika terjadinya kekurangan pasokan pakan. Selain Mawini, anggota P4S Sumber Rejeki yang juga menjadi fasilitator yakni I Kadek Miasa dan Kadek Arsana masing-masing menyampaikan tata cara pengolahan pupuk padat dan pengolahan bio urine.

Acara pelatihan yang rencananya dilaksanakan selama tiga hari ini setidaknya menjadikan sebuah pembuktian bahwa P4S Sumber Rejeki yang berlokasi di Desa Sepang mampu menjadi tuan rumah yang baik serta dapat diperhitungkan inovasinya yang dapat dicontoh oleh desa-desa lain di Kabupaten Buleleng pada umumnya.

 

Sumber : Laporan Ketua P4S Sumber Rejeki, Ir. I Wayan Wardana

Komentar atas P4S Sumber Rejeki Desa Sepang Menjadi Tuan Rumah Pelatihan Budidaya Ternak

SID Pemdes Sepang 23 September 2018 20:10:14 WITA
Terimakasih...
Detoyo 09 Agustus 2018 20:35:41 WITA
Selamat dan sukses utk acara pelatihannya. Sukses juga buat desa sepang.

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar