Meminimalisir Narkoba Dengan P4

Operator: I Gede Prawira Santosa 26 Juli 2018 17:31:11 WITA

Kata narkoba bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi semua kalangan. Telah sering kita mendengar dan membaca berita tentang narkoba di media elektronik maupun media cetak. Di Indonesia, peredaran obat terlarang ini sudah menjadi salah satu permasalahan utama yang harus segera diatasi. Peredaran dan penyalahgunaan narkoba merupakan momok menakutkan bagi bangsa dan dunia internasional. Narkoba sendiri dapat merusak mental dan memicu kejahatan.

Kasi Pelayanan Desa Sepang Komang Gunantara Yasa pagi tadi Kamis (26/07) menghadiri Sosialisasi dan Pembinaan Penyalahgunaan Narkoba bagi Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Buleleng yang bertempat di Gedung Laksmi Graha Singaraja. Rapat yang membahas tentang bahaya narkoba dan cara penanggulangannya tersebut merupakan salah satu agenda dalam hal pencegahan dari maraknya peredaran narkoba dimaksud.

Turut hadir dalam kesempatan itu Bupati Buleleng yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Buleleng, dan Pimpinan SKPD terkait di lingkup Pemerintahan Kabupaten Buleleng.

Rapat sosialisasi dengan narasumber Kepala BNNK Kabupaten Buleleng AKBP I Gede Astawa, SH.,MH. tersebut pada prinsipnya memandang perlu diadakannya sosialisasi atau pembinaan kepada masyarakat secara umum meliputi semua komponen baik itu pemuda, anak-anak maupun orang dewasa. Bahwasanya bahaya yang ditimbulkan akibat penyalahgunaan narkoba perlu diperangi secara bersama-sama. Masyarakat juga dihimbau untuk tidak ragu melaporkan diri ke BNNK karena tidak akan diproses hukum tetapi akan direhabilitasi.

Sementara itu, narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Buleleng, mengharapkan peran Pemerintah Desa dalam penanggulangan masalah narkoba. Hal ini bisa dianggarkan di APBDes dalam bentuk kegiatan sosialisasi atau membuat Perdes tentang penanganan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Adapun beberapa langkah strategis yang mesti diambil oleh beberapa pihak dalam upaya meminimalisir keberadaan narkoba yakni dengan konsep P4 diantaranya Pencegahan, Pemberdayaan, Pemberantasan dan Pemeriksaan.

Komentar atas Meminimalisir Narkoba Dengan P4

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar