Setting Aplikasi SIAK Di Desa Sepang

Operator: I Gede Prawira Santosa 12 Juli 2018 13:55:38 WITA

Dalam rangka akses Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buleleng bersama Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Buleleng melakukan setiing aplikasi dimaksud hari ini Kamis (12/07) bertempat di Ruang Rapat Kantor Perbekel Sepang.

Rombongan dipimpin langsung oleh Kasi SIAK Disdukcapil Kabupaten Buleleng Ketut Aryawan bersama Staf Dinas Kominfo Sandi Kabupaten Buleleng Agung Artana disambut oleh Perbekel Sepang I Putu Agung Mahardika didampingi Kasi Pemerintahan Ni Gusti Ketut Astini, Operator Desa I Gede Prawira Santosa dan Kelian Banjar Dinas Belulang I Nyoman Rincim yang mewakili empat Kelian Banjar Dinas se-Desa Sepang.

Perbekel Sepang yang membuka acara ini menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasinya bahwasanya pihak Disdukcapil dan Kominfo Sandi telah melakukan “jemput bola” hingga ke desa-desa. “Ya, pada intinya kami ucapkan terimakasih atas kunjungan bapak-bapak sampai ke desa-desa.” ungkap Perbekel.

Sementara itu Kasi SIAK Disdukcapil Kabupaten Buleleng mengungkapkan bahwa aplikasi ini pada prinsipnya bertujuan untuk memutus mata rantai pengurusan surat pindah domisili, khususnya antar desa dalam satu kecamatan. “Kalau dahulu masyarakat yang ingin pindah kan mesti urus di kantor desa dulu, lalu ke Kecamatan dan balik lagi ke kantor desa. Dengan aplikasi SIAK, surat pindah dapat dicetak di desa, jadi nggak bolak-balik lagi.” paparnya. Selain itu pihaknya menegaskan dengan dapat ditampilkannya draf Kartu Keluarga dan Biodata masyarakat Desa Sepang agar jangan disalahgunakan. “Ini khusus untuk kepentingan desa, dan untuk cetak surat pindah. Diluar itu jika ada pihak lain yang meminta datanya agar menghadap kami di Disdukcapil, desa jangan sampai memberikan.” tegasnya.

Selanjutnya Staf Kominfo Sandi melakukan setting aplikasi SIAK ini dan sekaligus memaparkannya kepada Operator Desa, karena pada praktiknya yang mengoperasikan aplikasi dimaksud adalah Operator di tiap desa dengan data yang diperoleh dari Kasi Pemerintahan yang berhubungan langsung dengan pemohon.

Mengingat Desa Sepang saat ini masih menggunakan akses internet berupa modem, menurut Agung Artana pihak Kominfo Sandi Kabupaten Buleleng merencanakan akan menyediakan akses internet untuk lima desa di wilayah atas Kecamatan Busungbiu meliputi Desa Sepang, Sepang Kelod, Tista, Bongancina dan Pucaksari. “Ya, kami masih pertimbangkan kira-kira di bukit yang mana kami bisa buat tower nya, sehingga kelima desa ini dapat akses, kalo satu dua desa saja yang bisa kan nggak baik juga.” imbuhnya.

Komentar atas Setting Aplikasi SIAK Di Desa Sepang

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar