BUM Desa Karsa Sejahtra Menjadi Satu-Satunya TTI di Kecamatan Busungbiu

Operator: I Gede Prawira Santosa 12 Juli 2018 13:16:58 WITA

Untuk menjaga stabilitas harga pangan khususnya beras, Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Karsa Sejahtra yang berlokasi di Desa Sepang dipercaya menjadi Toko Tani Indonesia (TTI) oleh BPMD Provinsi Bali Bidang Ketahanan Pangan sejak tahun 2016 silam. Kemudian pada prosesnya pada tahun 2018 setelah Ketahanan Pangan menjadi Dinas Ketahanan Pangan (DKP), BUM Desa Karsa Sejahtra masih dipercaya menjadi TTI.

Dari total sembilan Toko Tani Indonesia Tahun 2016 di Kabupaten Buleleng, BUM Desa Karsa Sejahtra Desa Sepang merupakan satu-satunya TTI yang ada di Kecamatan Busungbiu. Sedangkan yang mensuplai beras adalah Gapoktan Desa Bengkel Kecamatan Busungbiu.

Ketua BUM Desa Karsa Sejahtra Drs. I Made Rincim Astawa kepada kontributor SID Desa Sepang mengungkapkan, bahwa tujuan TTI ini adalah untuk kendali harga. Dimana menurutnya, proses pendistribusian beras yang panjang dapat dipotong dengan adanya TTI tersebut. Disamping itu, beras yang dijual kepada masyarakat adalah beras segar dengan kualitas terjamin yang dipatok dengan harga murah. Ia menyebutkan, bahwa BUM Desa hanya boleh mengambil untung Rp 200 / kg. “Harga dari Gapoktan Rp 8.600/kg, harga jual TTI Rp 8.800/kg. Harga jual sudah dipatok oleh DKP, jadi TTI hanya boleh ambil untung Rp 200/kg.” paparnya.

Selain murah dan berkwalitas, beras TTI dengan kemasan 5 kg ini juga lebih ekonomis. Masyarakat dapat membeli per kantong dengan berat bersih yang sesuai. Sehingga BUM Desa tidak membutuhkan waktu lama untuk menjualnya, bahkan seringkali kekurangan stok akibat banyaknya permintaan konsumen.

Komentar atas BUM Desa Karsa Sejahtra Menjadi Satu-Satunya TTI di Kecamatan Busungbiu

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar