“Membedah” Dan Mengembangkan Olahan Susu Kambing Sebagai Produk Unggulan Desa Sepang

Operator: I Gede Prawira Santosa 01 Juli 2018 18:56:06 WITA

Guna penerapan IPTEK pada Kelompok Wanita Tani Tunas Mekar Desa Sepang untuk memberikan wawasan, pengetahuan dan keterampilan untuk mengolah susu kambing menjadi keju lunak menggunakan ekstak tanaman lokal sebagai koagulan. Universitas Ganesha Singaraja melakukan pelatihan tersebut tadi pagi (01/07) bertempat di Kelompok Wanita Tani Tunas Mekar yang berlokasi di Banjar Belulang, Desa Sepang.

Adapun kegiatan kali ini yang diikuti oleh anggota kelompok tani yakni pelatihan pembuatan keju lunak dari bahan dasar susu kambing yang kemudian dipadukan dengan ekstak tanaman lokal sebagai koagulan ini berlangsung cukup inovatif dan menarik. Hal tersebut bisa dilihat dari antusias warga kelompok guna mengikuti pelatihan tersebut.

Seperti diketahui, potensi susu kambing yang dikembangkan sejak beberapa tahun lalu oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mujangga Amertha Giri Banjar Belulang yang didalamnya beranggotakan kelompok-kelompok tani di wilayah tersebut diantaranya Kelompok Wanita Tani Tunas Mekar. Susu kambing hasil pemeliharaan kambing jenis etawa ini memang menjadi salah satu komuditi unggulan di Desa Sepang. Bukan hanya produk susu saja, beberapa jenis olahan berbahan dasar susu kambing seperti sabun padat, sabun cair, krupuk susu kambing, lulur, yogurt, handbody lotion dan lainnya telah dapat menarik pasar tersendiri bukan hanya di wilayah Pulau Bali tetapi hingga ke mancanegara.

Keberhasilan ini tidak terlepas dari program Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) Pemprov Bali dibawah kepemimpinan Gubernur Bali Made Mangku Patika. Dengan Semangat, kerja keras, keuletan, inovasi dan kreatifitas sehingga dapat membuka jendela wawasan bagi kelompok-kelompok tani guna mengembangkan komoditi unggulan yang ada di Desa Sepang.

Diharapkan dengan pelatihan kali ini, kedepan dapat menjadi acuan guna pengembangan berbagai produk olahan berbahan dasar susu kambing yang nantinya secara otomatis dapat meningkatkan pendapatan masyarakat melalui kegiatan ekonomi produktif.

Komentar atas “Membedah” Dan Mengembangkan Olahan Susu Kambing Sebagai Produk Unggulan Desa Sepang

Operator: I Gede Prawira Santosa 27 Juni 2019 09:13:53 WITA
Selamat pagi Bapak/Ibu, permintaannya akan kami konfirmasi via e-mail pengirim. Terimakasih
Limna 25 Juni 2019 18:37:04 WITA
Pak minta konta no hp atau WA bapak yg produksi aneka olahan susu kambing

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar