Erupsi Gunung Agung, Wilayah Busungbiu Berpotensi Terdampak Abu Vulkanik

Operator: I Gede Prawira Santosa 29 Juni 2018 19:05:34 WITA

Berkaitan dengan terjadinya letusan Gunung Agung tanggal 27 Juni 2018 pukul 22:21 Wita yang dimuat berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMB) maka terdapat beberapa dampak yang diakibatkan. Salah satu diantaranya adalah adanya potensi dampak abu vulkanik di beberapa daerah di Bali sesuai dengan arah pergerakan angin.

Selanjutnya menurut update informasi MKG terkait aktivitas erupsi Gunung Agung yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III (Denpasar) yang diupload melalui website balai3.denpasar.bmkg.go.id , tanggal 29 Juni 2018 pukul 14.00 Wita menyebutkan bahwa terdapat prediksi daerah yang berpotensi terdampak abu vulkanik, antara lain : Gerokgak, Seririt, Gilimanuk, Buleleng, Banjar, Sukasada, Busungbiu, Melaya, Negara, Mendoyo, Pekutatan, Pupuan, Penebel, Marga, Petang, Payangan, Tegalalang, Tampaksiring, Susut, Bangli, Kintamani, Tembuku, Rendang, Selat dan Bebandem.

Hal tersebut nampaknya bukan sekedar prediksi saja, faktanya pagi hingga siang hari tadi (29/06) di Desa Sepang yang merupakan wilayah Kecamatan Busungbiu sebagaimana tersebut daerah-daerah diatas terdapat hembusan abu  dengan intensitas kecil. Kejadian itu dapat terlihat dari butiran-butiran abu yang menempel di beberapa benda luar ruangan, seperti sepeda motor, kaca dan sejenisnya.

Dengan adanya kejadian tersebut, kami menghimbau kepada masyarakat khusunya yang sedang beraktifitas diluar ruangan agar senantiasa menggunakan masker, apalagi ketika sedang berkendara. Mengingat hembusan abu vulkanik dimaksud akan berbahaya bagi kesehatan apabila terhirup secara berkelanjutan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Facebook Resmi Pemdes Sepang

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Lokasi Sepang

tampilkan dalam peta lebih besar